Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 November 2013

CATATAN MENUJU MESUJI (29 Oktober-7 Nopember 2013)

Kamis malam tanggal 31 Oktober 2013 saya baru sampai di Lampung Tengah, tepatnya di Desa Nambah Dadi Kec. Terbanggi Besar -Lampung Tengah. Perjalanan saya belum selesai, besok mau melanjutkan perjalanan menuji Kabupaten Mesuji Prov. Lampung.
Perjalanan ini dimulai hari Selasa sore tanggal 29 Oktober 2013 dari Sekar-Bojonegoro menuju Surabaya. Saya menginap semalam di Pondok Darul Arkom Wonocolo Surabaya. Sebelum berangkat ke Lampung, saya sempatkan Ziarah ke Makam Sunan Ampel Surabaya. Jam 5 sore tepat, hari Rabu tanggal 30 Oktober 2013 dari Stasiun Pasar Turi Surabaya saya meluncur ke Stasiun Senen Jakarta. Sesampai di Stasiun Senen, saya naik Busway menuju Terminal Kali Deres Jakarta, dan dilanjutkan ke Pelabuhan Merak Cilegon. Akhirnya saya naik Kapal Api "TITIAN NUSANTARA" menuju pelabuhan Bakauheni. Sampai di Bakauheni berarti saya telah menginjakkan kaki saya untuk yang pertama kalinya di Lampung, Pulau Sumatra.
Perjalanan selanjutnya adalah menuju Desa Nambah Dadi Kec. Terbanggi Tinggi Kab. Lampung Tengah, alamat rumah teman saya. Untuk menuju sini, terlebih dulu saya naik bus dari Bakauheni menuju Terminal Raja Basa Kota Bandar Lampung, dilanjutkan menuju Bandar Jaya. Dari Bandar Jaya saya menuju Rumah teman saya di Nambah Dadi.
Sabtu tanggal 2 Nopember 2013, dari Nambah Dadi Kec. Terbanggi Besar Kab. Lampung, saya melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. Perjalanan membutuhkan waktu ± 4 jam untuk sampai ke Mesuji. Sesampai di Mesuji saya mencari lokasi Tes, yang terletak di MTs. Ulul Absor Wirajaya Kec. Tanjung Raya. Sangat jauh dari pusat pemeritahan kabupaten. Untuk menuju kesana harus melewati jalan yang berliku-liku yang merupakan wilayah perkebunan kelapa sawit dan Karet. Sungguh melelahkan sekali perjalanan ini. Karena Lampung tengah dan Mesuji sangat jauh jaraknya, saya menginap di rumah saudara teman saya yang ada di Mesuji.
Saat pencarian tempat/lokasi tes ujian CPNS Mesuji 2013, saya menemui kendala yaitu tempatnya sangat jauh sekali. Alhamdulillah warga masyarakat Mesuji sangat welcome banget dan ramah sehingga saya merasa terbantu oleh mereka. Warga Mesuji turut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan Tes ini. Hal ini dikarenakan warga masyarakat Mesuji dan Tim Penggerak Pramuka terjun langsung sebagai penunjuk jalan para peserta tes CPNS Mesuji 2013.
Minggu tanggal 3 Nopember 2013 adalah hari pelaksanaan tes CPNS MESUJI 2013. Pelaksanaan tes di mulai pukul 08.30 s/d pukul 10.30. Tempat lokasi tes saya berada di MTs. Ulul Absor Wirajaya,Tanjung Raya. Usai tes saya meluncur ke Brabasan untuk menjemput teman saya.  Ada hal menarik dalam perjalanan ini yaitu, Bupati Mesuji Kamamik turun langsung ke jalan saat menertibkan kemacetan di jalan Tanjung Raya. Kemacetan ini dikarenakan begitu banyaknya peserta tes yang hendak pulang ke rumahnya masing-masing dan Mesuji di guyur hujan, akibatnya jalan begitu licin. Banyak yang menjadi korban oleh kelicinan jalan ini. Saat bapak Kamamik memimpin langsung dalam mengatasi kemacetan lalu lintas jalan,  Saya sempat menyapa beliau dan berjabat tangan. Saya sangat bahagia sekali bisa bersalaman dengan orang nomor satu di Mesuji ini. Saya merasa beruntung sekali.
Pukul 13.00 saya kembali menuju Lampung Tengah, menginap di rumah teman saya yang juga alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya. Pukul 17.30 saya baru sampai di rumah teman saya. Saat tulisan ini ditulis, saya capek dan ingin istirahat karena perjalanannya sangat melelahkan.
Perjalanan selanjutnya adalah hari Senin tanggal 4 Nopember mencari tiket bus untuk kembali ke Sekar-Bojonegoro. Dan rencananya, saya pulang hari Selasa 5 Nopember 2013. Alhamdulillah hari Selasa tanggal 5 Nopember 2013 pukul 13.00 saya naik Bus Sinar Jaya dari Bandar Jaya menuju Jogjakarta. Rabu tanggal 6 Nopember 2013 pukul 13.00 saya sampai di Terminal Jogyakarta. Perjalanan selanjutnya adalah naik Bus Sumber Selamat pukul 13.30 menuju Caruban Madiun. Alhamdulillah saya selamat sampai tujuan. Sesampai di Caruban saya menginap di rumah tante saya di desa Tulung Caruban Madiun. Pagi hari tanggal 7 Nopember 2013 saya meluncur ke Sekar Bojonegoro. Pukul 06.45 saya sudah sampai di rumah tercinta. Dan Alhamdulillah saya dapat beraktivitas seperti biasa yaitu mengajar di SMPN 1 Sekar-Bojonegoro.
Semoga cerita ini tidak cukup sampai disini, saya berdoa semoga masih ada cerita-cerita perjalanan lain yang dapat saya tulis di Kabupaten MESUJI Prov. Lampung. Amien.